Kamis, 19 November 2009

Mendiknas: Penelitian perlu dijadikan tradisi

Bisnis Indonesia

Rabu, 18/11/2009 18:33 WIB

oleh : Hilda Sabri Sulistyo
JAKARTA (bisnis.com): Mendiknas Mohammad Nuh mengatakan penelitian hendaknya dijadikan tradisi untuk memberikan kemanfaatan bagi umat manusia. Oleh karena itu kegiatan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2009 diharapkan menumbuhkan budaya keilmuan.

"Ilmu pengetahuan berkembang salah satunya dari tumbuhnya rasa penasaran intelektual (intelectual curiosity). OPSI merupakan bagian dari intelektual curiosity. Lomba seperti ini bukan sekedar menampilkan hasil karya dari adik-adik sekalian, tetapi yang lebih mahal daripada itu adalah menguji logika," ujarnya saat membuka OPSI 2009 di Plaza Depdiknas hari ini.

Dia meminta agar dengan penelitian jangan mempersulit persoalan, tetapi menjawab persoalan karena orientasinya adalah pada kemanfaatan. "Jangan sekedar penelitian untuk penelitian, tapi bangun atmosfer yang sangat bagus untuk menumbuhkan prinsip dan tradisi keilmuan," katanya.

Dalam kegiatan pada 16-20 November ini, peserta akan menggelar poster serta pameran hasil penelitian di masing-masing stand pameran yang disediakan panitia. Selanjutnya, peserta akan mempresentasikan hasil penelitian mereka kepada dewan juri melalui wawancara di lokasi pameran.

Menurut dia, penilaian mencakup makalah terbaik, display terbaik, dan interaksi terbaik. Bidang-bidang

0 comments:

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template